Langsung ke konten utama

Museum, Le Grande Louvre

MUSEUM LOUVRE






Museum Louvre (bahasa Perancis: Musée du Louvre; bahasa Inggris: The Louvre Museum) adalah salah satu museum terbesar, museum seni yang paling banyak dikunjungi dan sebuah monumen bersejarah di dunia. Museum Louvre setinggi 22 m ini terletak di Rive Droite Seine, Arondisemen pertama di Paris, Perancis. Hampir 35.000 benda dari zaman prasejarah hingga abad ke-19 dipamerkan di area seluas 60.600 m2.


Arsitek Museum Louvre adalah Ieoh Ming Pei. Namanya kerap diinisialkan dengan I. M. Pei. Lahir di Canton, China, pada 1917 ia kemudian hijrah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan kuliah arsitektur di MIT. Pei menjadi satu-satunya arsitek asing dalam proyek museum ini.


Selain membuat dua courtyard yang dilingkupi kaca, desain Pei juga termasuk penggalian dua courtyards lainnya untuk menciptakan ruang penyimpanan dan infrastruktur. Desain piramida Pei sangat kontroversial dan mungkin 90% warga Paris menolak pada awalnya, meski demikian semua orang menyukainya. Banyak orang percaya membangun bangunan modern di depan gedung bersejarah Louvre merupakan sebuah ejekan. Bangunan museum besar dibangun ditempat yang dahulunya merupakan benteng kuno. Namun, faktanya Louvre menjadi salah satu tetenger (landmark) Paris selain Eiffel.


Pei memilih bentuk piramida yang kontroversi sehingga sesuai dengan arsitektur Louvre. Alasan lain mengapa ia memilih menggunakan piramida adalah bahwa secara struktural piramida merupakan bentuk yang paling stabil. Piramida ini selesai pada tahun 1989, dan kemudian Pei menambahkan piramida terbalik yang ukurannya lebih kecil (dikenal dengan sebutan piramida terbalik) di bagian depan museum. Piramida terbalik ini berfungsi sebagai kaca atap bagi para pengunjung dan area perbelanjaan yang terletak di bawahnya. Walaupun menuai pertentangan terhadap rencana ini, Piramida tersebut telah menjadi salah satu symbol yang dapat dikenali dengan cepat, simbol kedua tentu saja Menara Eiffel.


“Piramida kaca adalah simbol yang mempertegas pintu masuk ke Louvre. Ia ditempatkan persis di pusat gravitasi dari tiga paviliun yang ada. Ia diasumsikan sebagai pintu masuk simbolis untuk kompleks bangunan yang luas, berkelok-kelok, dan tidak memiliki pusat.”


“Secara formal, piramida adalah bentuk yang paling cocok dengan arsitektur Louvre. Piramida juga secara struktural merupakan bentuk yang paling stabil. Apalagi konstruksinya dari kaca dan baja. Ini sekaligus penanda jeda dengan tradisi lampau arsitektur. Ya, karena ini adalah zaman kita.” ujar Pei.


Area umum lainnya dapat dicapai dengan menelusuri anak tangga spiral yang dramatis. Proyek ini juga mengembangkan akses ke galeri yang terletak di ketiga sisi gedung, dan memudahkan pengunjung berkeliling gedung dengan mudah. Sebagai tambahan, terdapat auditorium baru, kafe dan restoran, serta ditambah ruang pendukung teknik yang diperlukan galeri modern dengan reputasi Internasional.


Piramida Louvre dikenal sebagai Proyek Besar Paris. Proyek ini dilaksanakan selama tahun 1980-an atas anjuran Presiden Francois Mitterrand (1919-1996) untuk menyediakan rangkaian monument modern yang melambangkan peran Prancis dalam bidang seni, politik, dan ekonomi dunia di akhir abad ke 20. Proyek besar lainnya adalah termasuk Grande Arche de la Defense berlapis marmer, menara kaca Perpustakaan Nasional oleh Dominique Perrault, dan Opera Bastille karya Carlos Otts. Gedung kaca yang diresmikan pada tahun 1989 merupakan pengakuan peringatan revolusi yang terjadi pada tahun 1789.

Koleksi lukisan Museum Louvre berjumlah lebih dari 7.500 buah yang berasal dari abad ke-13 Masehi hingga tahun 1848 dan diatur oleh 12 kurator. Hampir dua per tiga dari keseluruhan koleksi merupakan hasil karya pelukis Perancis. Salah satunya adalah lukisan Mona Lisa yang dilukis oleh Leonardo da Vinci.

Berikut site plan dan floor plan dari Museum Louvre.






GALLERY





SOURCE




                

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Tradisional Malaysia, Rumah Bumbung Panjang Pahang

RUMAH BUMBUNG PANJANG PAHANG Pahang Darul Makmur merupakan salah satu negara bagian di Malaysia. Sebagian besar negeri Pahang diselimuti hutan dan sebagian besar Taman Negara terletak dalam negeri Pahang. Pahang merupakan sebuah negeri beraja. Wujudnya negeri Pahang adalah sebelum wujudnya kerajaan melayu Melaka. Pahang mempunyai susur galur tamadun yang panjang, sejak dari zaman pra-sejarah . Masyarakat Melayu tradisional Pahang memang kaya dengan seni bina yang diwarisi sejak zaman silam. Kebiasaannya seni bina yang kreatif dan imaginatif dijelmakan menerusi reka bentuk istana, rumah, surau, perahu, reban ayam dan peralatan tertentu yang digunakan dalam kehidupan harian . Salah satu seni bina dikagumi dengan kehalusan reka bentuknya ialah rumah tradisional Melayu Pahang.Keunikan rumah tradisional Pahang dibina tanpa menggunakan walaupun sebatang paku, apabila sejenis alat yang dinamakan tanggam diguna atau diperkuatkan bagi menyambung bahagian tertentu.Sesuai den

Arsitektur Klasik dan Arsitektur Modern

ARSITEKTUR KLASIK Arsitektur klasik adalah gaya bangunan dan teknik mendesain yang mengacu pada zaman klasik Yunani, seperti yang digunakan di Yunani kuno pada periode Helenistik dan Kekaisaran Romawi. Dalam sejarah arsitektur, Arsitektur Klasik ini juga nantinya terdiri dari gaya yang lebih modern dari turunan gaya yang berasal dari Yunani. Saat orang berpikir tentang arsitektur klasik, umumnya mereka berpikir sebuah bangunan yang terbuat dari kayu, batu, dll. Namun arsitektur klasik juga banyak memiliki unsur modern dan desain gedung yang rumit. Misalnya, atap, tiang, bahkan struktur batu atau marmer dibuat dengan detail sempurna. Seiring waktu berlalu, bangunan menjadi lebih rumit dan lebih rinci. Beberapa peradaban yang tumbuh dari batu dan lumpur turut memperkaya ragam bentuk Arsitektur Klasik, misalnya candi dan kuburan orang-orang Mesir. ·        Arsitektur Yunani -         Budaya: Polis, filosofis, demokratis -         Nilai: Rasionalisme -         Preseden: M

BAB III. Hukum Pranata Pembangunan Dalam Pelanggaran IMB

BAB III STUDI KASUS 1.        STUDI KASUS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI BANDUNG Setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis sesuai dengan fungsi bangunan gedung (Pasal 7 ayat [1] UUBG). Persyaratan administratif bangunan gedung meliputi persyaratan status hak atas tanah, status kepemilikan bangunan gedung, dan izin mendirikan bangunan (Pasal 7 ayat [2] UUBG).  Proses pengurusan KRK (Keterangan Rencana Kota), merupakan hal yang mutlak untuk kelanjutan ke proses penerbitan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Banyak pemohon belum memahami kegunaan KRK yang berakibat penolakan atau tertundanya terhadap penerbitan IMB, kebanyakan pemohon hanya terfokus pada disain bangunan berupa denah, jumlah r uangan dan fungsi ruang dan gambar site plan agar seluruh tanah/lahan/persil dapat dimanfaatkan secara optimal, tidak mengacu pada aturan-aturan yang diperbolehkan oleh Pemerintah Kota Bandung . KRK merupakan rambu-rambu/acuan dalam p ere