Langsung ke konten utama

Ilmu Sosial Dasar# 1


1.       ISD sebagai MKDU
A.      Pengertian ISD
Pengetahuaan yang meneliti masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat Indonesia dengan menggunakan fakta yang berasal dari berbagai bidang. (https://sigitloverskate.wordpress.com/tugas-ilmu-sosial-dasar-isd/) 
B.      Tujuan ISD
Sebagai MKDU yaitu: 1. Agar mahasiswa peka terhadap masalah-masalah sosial dan ikut serta dalam menyelesaikan masalah tersebut. 2. Agar dapat mengetahui bahwa adanya masalah-masalah yang berada di lingkungan masyarakat bersifat kompleks dan dapar mempelajarinya. (https://sigitloverskate.wordpress.com/tugas-ilmu-sosial-dasar-isd/) 
C.      Kelompok Ilmu Pengetahuan, terbagi menjadi tiga yaitu:
1.       Ilmu pengetahuan alam: banyak hal yang dapat kita amati di alam semesta ini dan di dalam ilmu pengetahuan alam ini dapat digolongkan dari berbagai aspek mulai dari biologi, fisika dan kimia.
Mulai dari aspek biologi yang mempelajari tentang nilai kehidupan makhluk hidup (hewan, tumbuhan dan manusia), serta mempelajari bagaimana struktur organ-organ dalam dan bisa memprediksikan kondisi makhluk hidup melalui dalam organnya.
Sedangkan fisika dapat mempelajari skala perbandingan yang banyak sekali cara dan metode di dalam proses menghitungnya.
2.       Ilmu pengetahuan sosial yaitu ilmu yang dapat di kaji dari aspek interaksi sesama manusia yang memiliki unsur dan nilai yang positive. Ilmu pengetahuan sosial dapat di golongkan berdasarkan sejarah, geografi, ekonomi.
·         Ilmu pengetahuan sosial berdasarkan sejarah mempelajari tentang siklus kehidupan manusia yang terjadi di masa lampau agar kita dapat mengetahui bagaimana pesatnya kemajuan di zaman modern sekarang ini dan kita dapat mengetahui pola berfikir zaman dahulu yang masih berkembang.
·         Ilmu yang mempelajari tentang astronomi dan letak daerah yaitu geografi.
·         Sedangkan ekonomi adalah ilmu yang menggunakan metode perhitungan .
3.       Ilmu pengetahuan budaya (humaniora) ® yaitu ilmu yang berdasarkan kebiasaan yang terjadi disetiap suku. (https://arfanart.wordpress.com/2011/10/03/sebutkan-tiga-kelompok-ilmu-pengetahuan/)

D.      Perbedaan ISD dan IPS
Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.       Diberikan di perguruan tinggi
1.       Di berikan di sekolah dasar dan lanjutan
2.       Mata kuliah tunggal
2.    Mata kuliah campuran
3.       Berdasar kepada sikap dan kepribadian
3.    Berdasarkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual

E.       Persamaan ISD dan IPS
1.       Merupakan bahan studi untuk program pendidikan dan pengajaran.
2.       Bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
F. 3 golongan bahan pelajaran ISDilmu yang berdasar kepada nilai dalam kependudukan yang berada di suatu wilayah dan memiliki golongan-golongan sebagai berikut:
1.    Kenyataan sosial yang berada dalam masyarakat yang menjadi faktor sosial utama.
2.  Konsep sosial tentang kenyataan sosial yang dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk menangani masalah dan menjadi salah satu faktor yang dibahas.
3.    Masalah yang timbul dalam masyarakat dan terlibat diberbagai keadaan yang berbeda.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Tradisional Malaysia, Rumah Bumbung Panjang Pahang

RUMAH BUMBUNG PANJANG PAHANG Pahang Darul Makmur merupakan salah satu negara bagian di Malaysia. Sebagian besar negeri Pahang diselimuti hutan dan sebagian besar Taman Negara terletak dalam negeri Pahang. Pahang merupakan sebuah negeri beraja. Wujudnya negeri Pahang adalah sebelum wujudnya kerajaan melayu Melaka. Pahang mempunyai susur galur tamadun yang panjang, sejak dari zaman pra-sejarah . Masyarakat Melayu tradisional Pahang memang kaya dengan seni bina yang diwarisi sejak zaman silam. Kebiasaannya seni bina yang kreatif dan imaginatif dijelmakan menerusi reka bentuk istana, rumah, surau, perahu, reban ayam dan peralatan tertentu yang digunakan dalam kehidupan harian . Salah satu seni bina dikagumi dengan kehalusan reka bentuknya ialah rumah tradisional Melayu Pahang.Keunikan rumah tradisional Pahang dibina tanpa menggunakan walaupun sebatang paku, apabila sejenis alat yang dinamakan tanggam diguna atau diperkuatkan bagi menyambung bahagian tertentu.Sesuai den

Arsitektur Klasik dan Arsitektur Modern

ARSITEKTUR KLASIK Arsitektur klasik adalah gaya bangunan dan teknik mendesain yang mengacu pada zaman klasik Yunani, seperti yang digunakan di Yunani kuno pada periode Helenistik dan Kekaisaran Romawi. Dalam sejarah arsitektur, Arsitektur Klasik ini juga nantinya terdiri dari gaya yang lebih modern dari turunan gaya yang berasal dari Yunani. Saat orang berpikir tentang arsitektur klasik, umumnya mereka berpikir sebuah bangunan yang terbuat dari kayu, batu, dll. Namun arsitektur klasik juga banyak memiliki unsur modern dan desain gedung yang rumit. Misalnya, atap, tiang, bahkan struktur batu atau marmer dibuat dengan detail sempurna. Seiring waktu berlalu, bangunan menjadi lebih rumit dan lebih rinci. Beberapa peradaban yang tumbuh dari batu dan lumpur turut memperkaya ragam bentuk Arsitektur Klasik, misalnya candi dan kuburan orang-orang Mesir. ·        Arsitektur Yunani -         Budaya: Polis, filosofis, demokratis -         Nilai: Rasionalisme -         Preseden: M

Museum, Le Grande Louvre

MUSEUM LOUVRE Museum Louvre (bahasa Perancis: Musée du Louvre ; bahasa Inggris: The Louvre Museum ) adalah salah satu museum terbesar, museum seni yang paling banyak dikunjungi dan sebuah monumen bersejarah di dunia. Museum Louvre setinggi 22 m ini terletak di Rive Droite Seine, Arondisemen pertama di Paris, Perancis. Hampir 35.000 benda dari zaman prasejarah hingga abad ke-19 dipamerkan di area seluas 60.600 m 2 . Arsitek Museum Louvre adalah Ieoh Ming Pei. Namanya kerap diinisialkan dengan I. M. Pei. Lahir di Canton, China, pada 1917 ia kemudian hijrah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan kuliah arsitektur di MIT . Pei menjadi satu-satunya arsitek asing dalam proyek museum ini. Selain membuat dua courtyard yang dilingkupi kaca, desain Pei juga termasuk penggalian dua courtyards lainnya untuk menciptakan ruang penyimpanan dan infrastruktur. Desain piramida Pei sangat kontroversial dan mungkin 90% warga Paris menolak pada awalnya, meski demik