Langsung ke konten utama

Arsitektur dan Lingkungan - Green Architecture

PENGERTIAN ARSITEKTUR

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.


PENGERTIAN LINGKUNGAN

                Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).
Ilmu yang mempelajari lingkungan adalah ilmu lingkungan atau ekologi.


DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PEMBANGUNAN
1.    Dampak Negatif
·         - Lahan terbuka berubah menjadi lahan tertutup.
·         -Area resapan air menjadi berkurang.
·         -Lahan pertanian berkurang.
·         -Kerusakan tanah
·        - Berkurangnya penghijauan

2.     Dampak Positif

·        - Daerah sepi menjadi ramai.
·        - Pajak Bumi dan Bangunan jadi tinggi.
·       -  Harga tanah menjadi tinggi.
·      -   Lahan menjadi Areal yang tertata rapi.
·       - Terbuka lapangan kerja baru bagi penduduk asli.
·       - Terbentuknya sarana dan prasarana baru.
·      -  Terbentuk jaringan transportasi baru

Oleh karena itu, solusinya:

GREEN ARCHITECTURE

Green Architecture adalah sebuah konsep arsitektur yang berusaha meminimalkan pengaruh buruk terhadap lingkungan alam maupun manusia dan menghasilkan tempat hidup yang lebih baik dan lebih sehat, yang dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber energi dan sumber daya alam secara efisien dan optimal.
Hal ini telah dilakukan dengan pemanfaatan kondisi lingkungan dengan bukaan yag optimal. Di jaman sekarang jarang ada contoh bangunan yang menggunakan pendekatan green architecture. Kita mungkin perlu melihat balik kepada aesitektur vernakuler yang banyak mendukung pendekatan green architecture. Namun perlu disadari bahwa mendesain bangunan dengan pendekatan green architecture bukan berarti kembali kepada tradisi tersebut. Hanya sikap terhadap pemilihan material dan sumbernya saja dari pendekatan arsitektur vernakuler yang perlu diakomodasi di masa depan.
Konsep arsitektur ini lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, memiliki tingkat keselarasan yang tinggi antara strukturnya dengan lingkungan, dan penggunaan sistem utilitas yang sangat baik.
Green architecture dipercaya sebagai desain yang baik dan bertanggung jawab, dan diharapkan digunakan di masa kini dan masa yang akan datang. Dalam jangka panjang, biaya lingkungan sama dengan biaya sosial, manfaat lingkungan sama juga dengan manfaat sosial. Persoalan energi dan lingkungan merupakan kepentingan profesional bagi arsitek yang sasarannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup.Dalam arsitektur ada banyak jalan sehingga bangunan dapat dikatakan “green” dan merespon terhadap masalah pertumbuhan lingkungan. Penyediaan energi yang tidak memadai di negara tropis (salah satunya penghentian arus listrik secara periodik) dan meningkatnya harga tinggi di seluruh dunia merupakan tuntutan akan bangunan yang sesuai dengan iklim, tanpa penyejuk udara mekanis.


PRINSIP-PRINSIP GREEN ARCHITECTURE

1.    Hemat energi, meminimalkan penggunaan bahan bakar atau energi listrik.
2.         Memperhatikan kondisi iklim.
3.         Penggunaan material bangunan dengan mempertimbangkan aspek perlindungan ekosistem dan  sumber daya alam, agar tidak membayahakan.
4.  Tidak berimplikasi negatif terhadap kesehatan dan kenyamanan pengguna bangunan
5.         Merespon keadaan tapak dari bangunan.
6.         Menerapkan/menggunakan prinsip-prinsip yang ada secara keseluruhan.


SIFAT-SIFAT PADA BANGUNAN BERKONSEP GREEN ARCHITECTURE

Green dapat diinterpretasikan sebagai sustainable (berkelanjutan), earthfriendly (ramah lingkungan), dan high performance building (bangunan dengan performa sangat baik).

1. Sustainable (Berkelanjutan)
Yang berarti bangunan green architecture tetap bertahan dan berfungsi seiring zaman, konsisten terhadap konsepnya yang menyatu dengan alam tanpa adanya perubahan-perubuhan yang signifikan tanpa merusak alam sekitar.

2. Earthfriendly (Ramah Lingkungan)
Suatu bangunan belum bisa dianggap sebagai bangunan berkonsep green architecture apabila bangunan tersebut tidak bersifat ramah lingkungan. Maksud tidak bersifat ramah terhadap lingkungan disini tidak hanya dalam perusakkan terhadap lingkungan. Tetapi juga menyangkut masalah pemakaian energi.Oleh karena itu bangunan berkonsep green architecture mempunyai sifat ramah terhadap lingkungan sekitar, energi dan aspek-aspek pendukung lainnya.

3. High Performance Building (Bangunan dengan Performa yang Baik)
Bangunan berkonsep Green Arsitektur mempunyai satu sifat yang tidak kalah pentingnya dengan sifat-sifat lainnya. Sifat ini adalah “High performance building”. Mengapa pada bangunan Green Arsitektur harus mempunyai sifat ini? Salah satu fungsinya ialah untuk meminimaliskan penggunaan energi dengan memenfaatkan energi yang berasal dari alam (Energy of nature) dan dengan dipadukan dengan teknologi tinggi (High technology performance). Contohnya:
1)  Penggunaan panel surya (solar cell) untuk memanfaatkan energi panas matahari sebagai sumber pembangkit tenaga listrik rumahan.
2) Penggunaan material-material yang dapat didaur ulang, penggunaan konstruksi-konstruksi maupun bentuk fisik dan fasad bangunan tersebut yang dapat mendukung konsep Green Arsitektur. Bangunan perkantoran yang menggunakan bentuk bangunan untuk menyatakan simbol Green Arsitektur.


CONTOH GREEN ARCHITECTURE


  • Building         : The Stacking Green House
  • Architects       : Vo Trong Nghia Architects
  • Location        : Saigon, Vietnam
  • Built                : 2011
  • Architects     : Vo Trong Nghia, Daisuke Sanuki, Shunri Nishizawa
  • Photograph  : Hiroyuki Oki

Vo Trong Nghia Architects adalah sebuah firma arsitektur yang diakui secara internasional di Vietnam, yang terletak di Kota Ho Chi Minh dan Hanoi.


Bereksperimen dengan cahaya, angina, air, dan bahan-bahan alami, Vo Trong Nghia menggunakan kosakata desain kontemporer untuk mengeksplorasi cara-cara baru untuk menciptakan arsitektur hijau untuk abad ke-21, sementara tetap mempertahankan esensi dari arsitektur Asia.

Rumah ini dibangun di Kota Saigon yann memilik populasi padat. Rumah ini memiliki tipikal tabung yang dibangun pada lahan sempit dengan lebar 4m dan tinggi 20m. Fasad depan dan belakang terdiri dari view tumbuhan dan beton kantilever pada sisi kanan dan kiri dinding.


Jarak antar tanaman dan tinggi tanaman tergantung dari ketinggian tanaman, misalnya 25cm sampai 40cm. Untuk tanaman air dan untuk memudahkan perawatan, arsitek menggunakan pipa irigasi otomatis yang memanfaatkan air hujan yang dikumpulkan di dalam tanaman-tanaman. Rumah ini dinamai tropikal, unik dan rumah hijau "Stacking Green" karena fasad rumah yang dipenuhi dengan tanaman hijau yang kuat dan vital.





Struktur rumah adalah struktur rangka beton bertulang banyak digunakan di Vietnam. Dinding partisi sangat sedikit untuk menjaga kelancaran interior dan melihat fasad hijau dari setiap sudut rumah. Setiap hari, rumah ini mendapatkan sinar matahari yang berbeda. Pagi dan sore hari, sinar matahari masuk melalui jumlah daun di kedua fasad dan menciptakam efek bayangan yang indah.






Fasad hijau dan taman di roof top melindungi penghuninya dari sinar matahari langsung, kebisingan jalan dan polusi. Selanjutnya, ventilasi alami melalui dua fasad yang memungkinkan rumah ini menyimpan energi besar dalam iklim yang keras di Saigon. Keuntungannya yaitu biaya listrik hanya 25USD perbulan karena fitur aliran udara, skylight dan metode desain lainnya. Mengenai pendekatan ekologi ini memang terdapat prinsip-prinsip bioclimatic rumah halaman tradisional Vietnam.





SOURCE

Komentar

  1. nice post,perasaan pernah ketemu dh sama yang punya blog,tapi dimana yaa?hmm

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Tradisional Malaysia, Rumah Bumbung Panjang Pahang

RUMAH BUMBUNG PANJANG PAHANG Pahang Darul Makmur merupakan salah satu negara bagian di Malaysia. Sebagian besar negeri Pahang diselimuti hutan dan sebagian besar Taman Negara terletak dalam negeri Pahang. Pahang merupakan sebuah negeri beraja. Wujudnya negeri Pahang adalah sebelum wujudnya kerajaan melayu Melaka. Pahang mempunyai susur galur tamadun yang panjang, sejak dari zaman pra-sejarah . Masyarakat Melayu tradisional Pahang memang kaya dengan seni bina yang diwarisi sejak zaman silam. Kebiasaannya seni bina yang kreatif dan imaginatif dijelmakan menerusi reka bentuk istana, rumah, surau, perahu, reban ayam dan peralatan tertentu yang digunakan dalam kehidupan harian . Salah satu seni bina dikagumi dengan kehalusan reka bentuknya ialah rumah tradisional Melayu Pahang.Keunikan rumah tradisional Pahang dibina tanpa menggunakan walaupun sebatang paku, apabila sejenis alat yang dinamakan tanggam diguna atau diperkuatkan bagi menyambung bahagian tertentu.Sesuai den

Arsitektur Klasik dan Arsitektur Modern

ARSITEKTUR KLASIK Arsitektur klasik adalah gaya bangunan dan teknik mendesain yang mengacu pada zaman klasik Yunani, seperti yang digunakan di Yunani kuno pada periode Helenistik dan Kekaisaran Romawi. Dalam sejarah arsitektur, Arsitektur Klasik ini juga nantinya terdiri dari gaya yang lebih modern dari turunan gaya yang berasal dari Yunani. Saat orang berpikir tentang arsitektur klasik, umumnya mereka berpikir sebuah bangunan yang terbuat dari kayu, batu, dll. Namun arsitektur klasik juga banyak memiliki unsur modern dan desain gedung yang rumit. Misalnya, atap, tiang, bahkan struktur batu atau marmer dibuat dengan detail sempurna. Seiring waktu berlalu, bangunan menjadi lebih rumit dan lebih rinci. Beberapa peradaban yang tumbuh dari batu dan lumpur turut memperkaya ragam bentuk Arsitektur Klasik, misalnya candi dan kuburan orang-orang Mesir. ·        Arsitektur Yunani -         Budaya: Polis, filosofis, demokratis -         Nilai: Rasionalisme -         Preseden: M

Museum, Le Grande Louvre

MUSEUM LOUVRE Museum Louvre (bahasa Perancis: Musée du Louvre ; bahasa Inggris: The Louvre Museum ) adalah salah satu museum terbesar, museum seni yang paling banyak dikunjungi dan sebuah monumen bersejarah di dunia. Museum Louvre setinggi 22 m ini terletak di Rive Droite Seine, Arondisemen pertama di Paris, Perancis. Hampir 35.000 benda dari zaman prasejarah hingga abad ke-19 dipamerkan di area seluas 60.600 m 2 . Arsitek Museum Louvre adalah Ieoh Ming Pei. Namanya kerap diinisialkan dengan I. M. Pei. Lahir di Canton, China, pada 1917 ia kemudian hijrah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan kuliah arsitektur di MIT . Pei menjadi satu-satunya arsitek asing dalam proyek museum ini. Selain membuat dua courtyard yang dilingkupi kaca, desain Pei juga termasuk penggalian dua courtyards lainnya untuk menciptakan ruang penyimpanan dan infrastruktur. Desain piramida Pei sangat kontroversial dan mungkin 90% warga Paris menolak pada awalnya, meski demik