Langsung ke konten utama

Keterkaitan Film Good Will Hunting (1997) dengan Materi Ilmu Budaya Dasar

Keterkaitan Film Good Will Hunting (1997) dengan Manusia dan Cinta Kasih
Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai. Cinta sama sekali bukan nafsu. (https://id.wikipedia.org/wiki/Cinta)
Good Will Hunting berkaitan dengan materi Ilmu Budaya Dasar yaitu Manusia dan Cinta Kasih. Good Will Hunting bercerita tentang seorang pemuda yang bernama Will Hunting, berusia 20 tahun yang sangat emosional. Will sering bertengkar dengan orang lain hingga akhirnya Will memiliki banyak catatan kriminal.
Will bertemu dengan Profesor Gerald Lambeau yang sangat terobsesi dengan kejeniusan Will. Ia tidak memikirkan perasaan Will, hanya peduli tentang nobel matematikanya.
Begitulah manusia, tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dimilikinya dan selalu keinginannya dapat terpenuhi.
Dengan masa kecilnya yang buruk, Will Will orang yang tidak peduli dengan orang lain. Lalu Will bertemu dengan seorang gadis yang bernama Skyler seorang mahasiswi kedokteran yang mengubah hidup Will.
Karena kasus hukumnya, Will membuat kesepakatan dengan Profesor Gerald Lambeau untuk bertemu dengan psikolog yang bernama Sean. Dengan ketulusan, kesabaran, dan kejujuran Sean mencoba agar Will dapat menceritakan masa lalunya, mengapa ia menutup diri, siapa ia dan apa yang ia inginkan. 
Sean menceritakan pengorbanan yang ia lakukan dulu hanya untuk bertemu dengan gadis yang ia cintai, yaitu istrinya kini. Sean tidak menyesal dengan apa yang telah ia lakukan. Namun sayang, Nancy, istri dari Sean sudah meninggal dua tahun yang lalu karena kanker yang diidapnya. Sean tetap mencintai Nancy meskipun ia sudah tiada.
Sean juga bercerita tentang masa kecilnya. Ayah seorang alkoholik. Sean selalu rela ia dipukuli karena ia tak ingin ayahnya memukuli ibu dan adiknya. Karena masa lalu yang sama, akhirnya Will mulai bercerita tentang masa kecilnya yang juga disiksa oleh ayah angkatnya.
Menceritakan masa lalu juga bentuk dari cinta dan kasih. Karena artinya Sean percaya pada Will, Sean ingin berbagi kenangannya dengan Will. Begitupun sebaliknya Will yang juga menceritakan masa lalunya pada Sean.
Skylar mengajak Will untuk ikut bersamanya ke California. Namun Will menolak  untuk pergi. Will sangat tidak percaya diri dengan keadannya yang pengangguran dan tempramen. Meskipun Skylar sudah berkata mengerti dengan keadaan Will, namun Will lebih memilih memutuskan hubungannya Skylar.
Dukungan Chuckie kepada Will juga merupakan bentuk cinta dan kasih seorang sahabat kepada sahabatnya. Dukungan kerabat terdekat merupakan hal yang terpenting. Senyum sahabatnya yang tulus terlihat saat adegan mereka tidak mendapati Will di rumahnya. Saat Will pergi untuk kehidupannya yang lebih baik.
Setelah perpisahannya dengan Sean, Will menerima pekerjaan yang diberikan oleh Profesor Gerald Lambeau. Will sadar apa yang sebenarnya ingin ia lakukan. Akhirnya, Will pergi meninggalkan sahabat-sahabatnya untuk pekerjaan yang lebih baik dan bertemu dengan wanita yang ia cintai.
Cinta dan kasih yang Will rasakan untuk Skylar menuntun Will untuk segera menyusul Skylar kemanapun, meskipun Will harus menunda pekerjannya.


https://id.wikipedia.org/wiki/Cinta

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Tradisional Malaysia, Rumah Bumbung Panjang Pahang

RUMAH BUMBUNG PANJANG PAHANG Pahang Darul Makmur merupakan salah satu negara bagian di Malaysia. Sebagian besar negeri Pahang diselimuti hutan dan sebagian besar Taman Negara terletak dalam negeri Pahang. Pahang merupakan sebuah negeri beraja. Wujudnya negeri Pahang adalah sebelum wujudnya kerajaan melayu Melaka. Pahang mempunyai susur galur tamadun yang panjang, sejak dari zaman pra-sejarah . Masyarakat Melayu tradisional Pahang memang kaya dengan seni bina yang diwarisi sejak zaman silam. Kebiasaannya seni bina yang kreatif dan imaginatif dijelmakan menerusi reka bentuk istana, rumah, surau, perahu, reban ayam dan peralatan tertentu yang digunakan dalam kehidupan harian . Salah satu seni bina dikagumi dengan kehalusan reka bentuknya ialah rumah tradisional Melayu Pahang.Keunikan rumah tradisional Pahang dibina tanpa menggunakan walaupun sebatang paku, apabila sejenis alat yang dinamakan tanggam diguna atau diperkuatkan bagi menyambung bahagian tertentu.Sesuai den

Arsitektur Klasik dan Arsitektur Modern

ARSITEKTUR KLASIK Arsitektur klasik adalah gaya bangunan dan teknik mendesain yang mengacu pada zaman klasik Yunani, seperti yang digunakan di Yunani kuno pada periode Helenistik dan Kekaisaran Romawi. Dalam sejarah arsitektur, Arsitektur Klasik ini juga nantinya terdiri dari gaya yang lebih modern dari turunan gaya yang berasal dari Yunani. Saat orang berpikir tentang arsitektur klasik, umumnya mereka berpikir sebuah bangunan yang terbuat dari kayu, batu, dll. Namun arsitektur klasik juga banyak memiliki unsur modern dan desain gedung yang rumit. Misalnya, atap, tiang, bahkan struktur batu atau marmer dibuat dengan detail sempurna. Seiring waktu berlalu, bangunan menjadi lebih rumit dan lebih rinci. Beberapa peradaban yang tumbuh dari batu dan lumpur turut memperkaya ragam bentuk Arsitektur Klasik, misalnya candi dan kuburan orang-orang Mesir. ·        Arsitektur Yunani -         Budaya: Polis, filosofis, demokratis -         Nilai: Rasionalisme -         Preseden: M

Museum, Le Grande Louvre

MUSEUM LOUVRE Museum Louvre (bahasa Perancis: Musée du Louvre ; bahasa Inggris: The Louvre Museum ) adalah salah satu museum terbesar, museum seni yang paling banyak dikunjungi dan sebuah monumen bersejarah di dunia. Museum Louvre setinggi 22 m ini terletak di Rive Droite Seine, Arondisemen pertama di Paris, Perancis. Hampir 35.000 benda dari zaman prasejarah hingga abad ke-19 dipamerkan di area seluas 60.600 m 2 . Arsitek Museum Louvre adalah Ieoh Ming Pei. Namanya kerap diinisialkan dengan I. M. Pei. Lahir di Canton, China, pada 1917 ia kemudian hijrah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan kuliah arsitektur di MIT . Pei menjadi satu-satunya arsitek asing dalam proyek museum ini. Selain membuat dua courtyard yang dilingkupi kaca, desain Pei juga termasuk penggalian dua courtyards lainnya untuk menciptakan ruang penyimpanan dan infrastruktur. Desain piramida Pei sangat kontroversial dan mungkin 90% warga Paris menolak pada awalnya, meski demik