BAB I
PENDAHULUAN
Peningkatan devisa negara adalah hal yang penting
untuk keberlangsungan pembangunan negara, sehingga pemasukan devisa seharusnya
ditingkatkan. Cara peningkatan devisa negara salah satunya adalah melalui jalur
pariwisata. Bisnis perhotelan merupakan salah satu peluang untuk mengembangkan
pariwisata. Dalam upaya mengembangkan dunia kepariwisataan, hotel merupakan
unsur pendukung yang sangat dominan. Sebuah bangunan, termasuk hotel harus
memenuhi tiga kriteria pokok arsitektur yakni fungsi, estetika dan kekuatan.
Untuk memenuhi kriteria tersebut diperlukan faktor-faktor pendukung diantaranya
waktu, tempat, teknologi dan lain-lain.
Perancangan sebuah hotel perlu mempertimbangkan dua
aspek utama pada perancangan
bangunan komersial, yaitu
efisiensi dan kenyamanan.
Efisiensi dan kenyamanan merupakan faktor utama yang dibutuhkan sebuah
hotel dan menjadi tanggung jawab dasar atas berjalannya bisnis hotel. Dua aspek
ini secara keseluruhan akan mempengaruhi keputusan sebuah rancangan
hotel dengan melihat kepentingan konsumen
hotel yang menjadi
sasaran hotel tersebut. Efisiensi dalam berbagai bidang merupakan hal
yang penting diantaranya efisiensi waktu, efisiensi konstruksi, efisiensi
pencapaian dan lain-lain. Efisiensi juga menunjukkan cermin kepribadian sebuah
hotel; dari keefisiensiannya, sebuah hotel bisa dinilai kualitasnya. Kenyamanan
adalah jantung kehidupan sebuah hotel. Tamu tidak akan kembali jika merasa
tidak nyaman. Kenyamanan yang diberikan kepada tamu akan menjadi buah bibir dan
sumber ketenaran hotel sehingga kenyamanan adalah hal yang teramat penting dan
tamu adalah hal yang dominan kareana kenyamanan tamu yang menentukan hidup
matinya sebuah hotel.
Pengaturan sirkulasi, ketersediaan fasilitas,
pengaturan aktivitas yang memadai, privasi dan kemanan juga menjadi hal penting
dalam merancang hotel. Pada akhirnya semua hal ini akan berdampak pada lahirnya
rancangan berbagai tipologi hotel yang berbeda. Namun pada penelitian ini
peneliti akan fokus pada salah satu tipologi hotel.
Komentar
Posting Komentar